PENGARUH PENERAPAN ACTIVE LEARNING TIPE SMALL GROUP WORK TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MUATAN LOKAL MEMBATIK DI SMP NEGERI 1 MOYUDAN

LILIK NUR, KHOLIDAH (2012) PENGARUH PENERAPAN ACTIVE LEARNING TIPE SMALL GROUP WORK TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MUATAN LOKAL MEMBATIK DI SMP NEGERI 1 MOYUDAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 09513242013.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 09513242013.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 09513242013.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 09513242013.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 09513242013.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pencapaian kompetensi membatik sebelum menggunakan active learning tipe small group work pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Moyudan; 2) mengetahui pencapaian kompetensi membatik setelah menggunakan active learning tipe small group work pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Moyudan; 3) mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan active learning tipe small group work terhadap pencapaian kompetensi membatik pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Moyudan. Metode penelitian ini adalah pre-eksperimental designs menggunakan onegroup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Moyudan sebanyak tiga kelas (VII A, B, C). Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive, diperoleh sampel sebanyak satu kelas yaitu kelas VIIC. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar penilaian unjuk kerja. Analisis data dalam penelitian menggunakan deskriptif prosentase dan uji beda (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pencapaian kompetensi membatik sebelum menggunakan active learning tipe small group work terdapat pada kategori tuntas ada 12 siswa (33%) dan kategori belum tuntas sebanyak 24 siswa (67%). 2) pencapaian kompetensi membatik setelah menggunakan active learning tipe small group work terdapat pada kategori tuntas ada 33 siswa (91,67%) dan kategori belum tuntas sebanyak 3 siswa (8,33%). 3) Terdapat pengaruh penerapan active learning tipe small group work terhadap pencapaian kompetensi membatik pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Moyudan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji t (t-test) dan diperoleh hitung t 8,708 > tabel t 1,648 dan nilai taraf signifikansi lebih kecil dari 5% (0,000 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan active learning tipe small group work terhadap pencapaian kompetensi dalam pembelajaran muatan lokal membatik pada kelas VII di SMP Negeri 1 Moyudan. Kata kunci : kompetensi, muatan lokal membatik, active learning.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, muatan lokal membatik, active learning.
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 03 Dec 2012 02:40
Last Modified: 29 Jan 2019 17:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8058

Actions (login required)

View Item View Item