Friatna, Sindi (2024) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KELURAHAN BENER KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Skripsi_Sindi Friatna_18108241059.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar IPS; 2) mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPS; serta 3) mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri se-Kelurahan Bener Kota Yogyakarta dengan jumlah sampel 83 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, kemudian untuk uji hipotesis penelitian menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kedisiplinan belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS sebesar 23,2%; 2) lingkungan sekolah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS sebesar 13,4%; kemudian 3) kedisiplinan belajar dan lingkungan sekolah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS sebesar 23,3%. Kata kunci: Kedisiplinan belajar, lingkungan sekolah, prestasi belajar IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 09:00 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 09:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80549 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |