Korelasi Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional dan Peranan Orang Tua dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PJOK Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menegah Pertama Negeri se-Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang

Salam, Mohammad Nur (2024) Korelasi Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional dan Peranan Orang Tua dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PJOK Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menegah Pertama Negeri se-Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_mohammad nur salam_22633251029.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran PJOK. (2) Korelasi antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar mata pelajaran PJOK. (3) Korelasi antara peranan orang tua dengan hasil belajar mata pelajaran PJOK. (4) Korelasi antara motivasi belajar, kecerdasan emosional dan peranan orang tua dengan hasil belajar mata pelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian berjumlah 466. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling dengan rumus Slovin sebanyak 216 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket untuk mengukur variabel motivasi belajar, kecerdasan emosional dan peranan orang tua. Untuk data hasil belajar menggunakan metode dokumentasi, berupa transkrip nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil. Analisis data menggunakan korelasi sederhana product moment, korelasi berganda, serta mencari kontribusi variabel atau koefisien determinan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelas VIII. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi X1 terhadap Y sebesar 0,877. Nilai Sig. 0,000 (0,000 < 0,05). (2) Terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelas VIII. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi X2 terhadap Y sebesar 0,873. Nilai Sig. 0,000 (0,000 < 0,05). (3) Terdapat korelasi yang signifikan antara peranan orang tua dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelas VIII. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi X3 terhadap Y sebesar 0,908. Nilai Sig. 0,000 (0,000 < 0,05). (4) Terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar, kecerdasan emosional dan peranan orang tua secara bersama-sama dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelas VIII. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan secara parsial dan simultan antara motivasi belajar, kecerdasan emosional dan peranan orang tua dengan hasil belajar mata pelajaran PJOK peserta didik kelas VIII sekolah menegah pertama negeri se-kecamatan Sawangan kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ngatman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, motivasi belajar, pendidikan jasmani, peranan orang tua
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:30
Last Modified: 23 Jan 2024 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80282

Actions (login required)

View Item View Item