Pengaruh Marketing Mix dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Kolam Renang Karangmalang Fakultas Ilmu Keolahagaan dan Kesehatan Universitas Negeri Yogyakarta

Hariyanto, Tri (2024) Pengaruh Marketing Mix dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Kolam Renang Karangmalang Fakultas Ilmu Keolahagaan dan Kesehatan Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_tri hariyanto_22611254004.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kolam Renang Karangmalang FIKK UNY merupakan salah satu fasilitas olahraga yang dapat digunakan untuk masyarakat umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Marketing Mix dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan di Kolam Renang Karangmalang FIKK UNY. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian asosisatif dengan pendekatan secara kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah pelanggan di kolam renang Karangmalang FIKK UNY dengan responden yang digunakan sebanyak 102 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode survei menggunakan instrumen berupa angket. Objek penelitian berupa marketing mix, kualitas layanan, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan. Analisis data menggunakan teknik analisis SEM (Structural Equation Model) dengan bantuan aplikasi AMOS 22. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif menggunakan uji asumsi SEM (Structural Equation Model) untuk menganalisis pengaruh beberapa variabel terhadap variabel lain secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang dirumuskan pada penelitian ini terdiri atas 4 hipotesis dan semua terbukti berpengaruh. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa marketing mix berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan kolam renang Karangmalang FIKK UNY, kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan kolam renang Karangmalang FIKK UNY, marketing mix berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan kolam renang Karangmalang FIKK UNY, dan kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan kolam renang Karangmalang FIKK UNY. Adapun hasil penelitian dibuktikan dengan nilai probabilitas (P values) <0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian terbukti diterima secara signifikan oleh data penelitian ini berdasarkan hasil analisis structural equation model (SEM) dengan menggunakan aplikasi AMOS versi 22.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: marketing mix, kualitas layanan, kepuasan, loyalitas, kolam renang FIKK UNY
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:27
Last Modified: 22 Jan 2024 04:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80264

Actions (login required)

View Item View Item