Iswanto, Ari (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis CGFU-PM 515 Untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Senam Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.
|
Text
fulltext_ari iswanto_20608261023.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) mengembangkan model pembelajaran berbasis CGFU-PM 515 untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar senam pada peserta didik sekolah dasar, 2) mengetahui kelayakan model yang dikembangkan, 3) mengetahui keefektifan model yang dikembangkan, 4) mengetahui kepraktisan produk buku panduan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) model Borg and Gall. Terdapat 10 tahapan penelitian dan pengembangan yang dilakukan agar menghasilkan produk model pembelajaran berbasis CGFU-PM 515. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik sekolah dasar. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Uji coba skala kecil berjumlah 30 peserta didik, uji coba skala besarnya berjumlah 89 peserta didik dan untuk uji efektivitas sebanyak 48 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas Aiken V. Ahli media, ahli materi dan Guru PJOK menilai validitas dan kepraktisan model pembelajaran serta buku panduan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket, sedangkan untuk validasi ahli materi dan media dengan teknik delphi. Uji efektivitas produk menggunakan teknik eksperimen. Analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif berdasarkan persentase, uji prasyarat, paired t-tes, dan independent sample t-tes. Penelitian ini menghasilkan: 1) model pembelajaran berbasis CGFU-PM 515 dengan nilai rata-rata total validitas ahli materi sebesar 0,87 termasuk ke dalam validitas yang tinggi, 2) kelayakan model pembelajaran berbasis CGFU-PM 515 mendapatkan rata-rata persentase 90% dalam kategori sangat layak, 3) berdasarkan perbandingan posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, terdapat perbedaan rata-rata hasil kemampuan gerak dasar senam peserta didik sekolah dasar, 4) kepraktisan produk buku panduan rata-rata persentase 82% masuk dalam kategori sangat praktis. Dengan demikian, model pembelajaran berbasis CGFU-PM 515 yang dikembangkan valid, layak, efektif dan praktis untuk digunakan serta dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar senam peserta didik sekolah dasar. Dari hasil penelitian ini diharapkan model pembelajaran CGFU-PM 515 bisa menjadi salah satu solusi bagi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) dalam pelaksanaan pembelajaran yang kreatif, inovatif, tidak membosankan, dan futuristik dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk menuju model edukasi di era industri 4.0. Selanjutnya, bagi dinas pendidikan atau pemangku kebijakan model pembelajaran CGFU-PM 515 ini bisa menjadi salah satu acuan dalam pengembangan materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) khususnya materi aktivitas senam di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Additional Information: | Promotor: Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO. Kopromotor: Prof. Dr. Panggung Sutapa, M.S. |
Uncontrolled Keywords: | model, CGFU-PM 515, gerak dasar, senam, peserta didik |
Subjects: | Olahraga |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 02:23 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 02:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80224 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |