Pengembangan Media E-Modul Pada Permainan Bola Basket Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas VII SMP/MTs

Adisasongko, Akhmad Khumar Realita (2024) Pengembangan Media E-Modul Pada Permainan Bola Basket Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas VII SMP/MTs. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_akhmad khumar realita adisasongko_22633251015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengembangkan Media E-Modul pada permainan bola basket untuk meningkatkan motivasi belajar. (2) Menganalisis Media E-Modul pada permainan bola basket yang efektif untuk pembelajaran berdasarkan penilaian oleh ahli. (3) Menganalisis kepraktisan Media E-Modul pada Permainan Bola Basket untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas VII SMP/MTs. (4) Menganalisis keefektifan ada atau tidaknya peningkatan motivasi belajar pada peserta didik. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dan pengembangan produk maka jenis penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development) atau disingkat R & D. Ujicoba validasi dilakukan oleh 2 dosen ahli dalam bidang materi dan media. Uji coba kepraktisan produk dilakukan oleh 2 guru PJOK. Uji skala kecil pada penelitian ini menggunakan sampel sejumlah 6 orang peserta didik, Uji skala besar menggunakan sampel sejumlah 100 peserta didik. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Rakit, Banjarnegara dengan menggunakan Random Sampling dan data diambil dari 4 SMP/MTs yang terdiri dari SMP N 1 Rakit, SMP N 2 Rakit, MTs Al Ma’arif Rakit, dan SMP Muhammadiyah Rakit. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini diperoleh menghasilkan produk berupa Media E-Modul pada Permainan Bola Basket untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas VII SMP/MTs. Produk di uji oleh validator dan mendapat nilai 3,63 pada kategori konversi “Layak”. Produk di uji kepraktisan oleh guru PJOK memperoleh nilai 3,75 pada kategori konversi “Praktis”. Produk di uji kepraktisan skala kecil memperoleh nilai 0,85 pada kategori konversi “Praktis”. Sementara pada uji skala besar kepraktisan memperoleh nilai 0,92 pada kategori konversi “Praktis”. Produk penelitian dan pengembangan media E-Modul permainan bola basket dinyatakan efektif digunakan berdasarkan uji coba keefektifan pretest dan posttest motivasi belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan nilai motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP dan MTs.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Guntur, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: bola basket, e-modul, media pembelajaran, motivasi belajar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:47
Last Modified: 26 Jan 2024 06:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80202

Actions (login required)

View Item View Item