PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS DIPONEGORO MAGELANG

Salmawati, Vaziana Qatrunnada (2024) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS DIPONEGORO MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT_VAZIANA QATRUNNADA SALMAWATI_19108241045_PGSD 2019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas V SD Se-Gugus Diponegoro Magelang. RME sebagai titik awal pembelajaran yang menekankan pada masalah yang dekat dengan kehidupan siswa dan mendorong aktivitas penyelesaian masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan quasi experimental design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Se-Gugus Diponegoro Magelang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes uraian yang sudah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test dengan prasyarat normal dan homogen telah dicapai yaitu uji normalitas pre-test kelas kontrol sebesar 0,88 dan kelas eksperimen sebesar 0,200 serta uji homogenitas sebesar 0,419. Uji normalitas post-test kelas kontrol sebesar 0,200 dan kelas eksperimen sebesar 0,200 serta uji homogenitas sebesar 0,628. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai post-test siswa pada kelas eksperimen sebesar 74,90 dan pada kelas kontrol sebesar 55,48. Kemudian, diperoleh hasil independent sample t-test dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya kurang dari 0,05. Dengan demikian, pendekatan RME berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas V SD Se-Gugus Diponegoro Magelang. Kata kunci: RME, Volume Balok dan Kubus, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:33
Last Modified: 16 Jan 2024 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80171

Actions (login required)

View Item View Item