Studi Fenomenologi Kepemimpinan Kepala SMK di Era Disrupsi dan Situasi Kritis.

Sanusi, UU and Sofyan, Herminarto (2023) Studi Fenomenologi Kepemimpinan Kepala SMK di Era Disrupsi dan Situasi Kritis. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-uu sanusi-16702261008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi karakteristik kemampuan resiliensi yang dimiliki dalam diri seorang Kepala Sekolah SMK sehingga mampu membawa sekolahnya dapat survival, eksis, dan berkembang serta berprestasi di era disrupsi dan situasi kritis karena pandemi covid-19; (2) memastikan kemampuan resiliensi yang kuat dan paling berpengaruh dimiliki dalam diri seorang Kepala Sekolah SMK; (3) merumuskan model pembelajaran dan pelatihan untuk menghasilkan Kepala Sekolah yang memiliki kemampuan-kemampuan resiliensi dalam kepemimpinannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian studi fenomenologi. Objek dalam penelitian ini adalah Kepala SMK Ma’arif NU Kudus, Kepala SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo, dan Kepala SMK Muhammadiyah Bandongan. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari tiga Kepala SMK sebagai informan utama dan dua belas orang dekat Kepala SMK yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Keabsahan data dilakukan dengan pengecekan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data sehingga diperoleh data yang kredibel. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studi dokumen. Analisis data menggunakan software qualitative data analysis ATLAS.ti 9 yaitu memilih data, mengkoding, mencari data, mengkategorisasikan kode, dan membuat peta konsep. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) karakteristik kemampuan resiliensi yang dimiliki dalam diri seorang Kepala Sekolah SMK sehingga mampu membawa sekolahnya dapat survival, eksis, dan berkembang serta berprestasi di era disrupsi dan situasi kritis karena pandemi covid-19 terdiri dari: pengaturan emosi, pengendalian gerak hati, optimisme, analisis kausal, empati, efikasi diri, dan berusaha menggapai sesuatu yang lebih baik; (2) kemampuan resiliensi yang kuat dan paling berpengaruh dimiliki dalam diri seorang Kepala Sekolah SMK adalah: pengaturan emosi, pengendalian gerak hati, optimisme, empati, efikasi diri, dan menggapai sesuatu yang lebih baik; (3) Model pembelajaran dan pelatihan untuk menghasilkan Kepala Sekolah yang memiliki kemampuan-kemampuan resiliensi dalam kepemimpinannya adalah Model pembelajaran dan pelatihan ekperiensial berbasis resiliensi dengan kegiatan : (a) teoritis dengan materi mengenai: pengaturan emosi, pengendalian gerak hati, optimisme, analisis kausal, empati, efikasi diri, dan berusaha menggapai sesuatu yang lebih baik; (b) praktik dengan metode: diskusi kelompok, latihan individual, dan presentasi/lekturet; dan (c) fasilitator: kepala sekolah SMK yang sudah terbukti resilien.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, resiliensi, kepala SMK, era disrupsi, situasi kritis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:26
Last Modified: 15 Jan 2024 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80096

Actions (login required)

View Item View Item