PENGEMBANGAN BUKU KOMIK: COMMON SENSE REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ETIKA KOMUNIKASI INTERPERSONAL BERDASARKAN MATERI INTERAKSI SOSIAL IPS KELAS V SD IT SAMAWI

Jaelani, Abdul Khodir (2024) PENGEMBANGAN BUKU KOMIK: COMMON SENSE REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ETIKA KOMUNIKASI INTERPERSONAL BERDASARKAN MATERI INTERAKSI SOSIAL IPS KELAS V SD IT SAMAWI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi Abdul Khodir Jaelani_19108241180.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan produk media berupa buku komik yang mengulas tentang etika komunikasi interpersonal untuk siswa kelas V SD, 2) mengetahui kelayakan media buku komik etika komunikasi interpersonal sebagai media pembelajaran IPS kelas V SD, 3) mengetahui kepraktisan media buku komik etika komunikasi interpersonal sebagai media pembelajaran IPS kelas V SD, dan 4) mengetahui keefektivan produk media etika komunikasi interpersonal untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai etika komunikasi interpersonal. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (RnD) menggunakan desain pembelajaran ADDIE (Analiysis, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara untuk analisis kebutuhan awal, angket yang terdiri dari 1) angket validitas ahli materi, 2) angket validitas ahli media (validitas kedua ahli berguna untuk mengukur kelayakan produk), 3) angket respon guru, dan 4) angket respon siswa (kedua hasil respon guru dan siswa berguna untuk mengukur kepraktisan produk), serta tes tertulis berupa pretest dan posttest guna mengukur efektivitas produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif dan kuantitatif dengan model perhitungan rata-rata yang dikonversi ke huruf. Responden penelitian ini adalah 22 peserta didik kelas V SD IT Samawi yang berlokasi di Tajeman, Palbapang, Bantul, Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media buku komik "Komik Common Sense: Etika Komunikasi Antar Manusia" layak untuk digunakan. Dibuktikan dengan perolehan skor rerata seluruh indikator pada uji validitas oleh ahli materi sebesar 3,87 (sangat layak) dan rerata seluruh indikator pada uji validitas oleh ahli media sebesar 3,82 (sangat layak). Sedangkan pada uji kepraktisan diperoleh skor respon guru sebesar 4,00 (sangat layak) dan respon siswa rata-rata sebesar 3,51 (sangat layak). Ditambah dengan uji keefektivan produk mengguanakan perhitungan N-Gain mendapat skor sebesar 36,29 yang berarti produk berada pada kategori cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar mengenai pemahaman konsep etika komunikasi interpersonal siswa. Kata kunci: buku komik, interaksi sosial, etika, komunikasi interpersonal

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:04
Last Modified: 15 Jan 2024 04:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80081

Actions (login required)

View Item View Item