Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) SMA Negeri Se-Kota Kendari

Wulandari, Nadia Tri (2023) Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) SMA Negeri Se-Kota Kendari. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_nadia tri wulandari_22633251024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP) pada Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) SMA Negeri Se-Kota Kendari. Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan mixed method (kuantitatif dan kualitatif). Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, kepala tata usaha, guru PJOK, dan peserta didik SMA Negeri Se-Kota Kendari. Teknik sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria mampu memberikan data yang diperlukan yaitu: 1 kepala sekolah, 1 kepala tata usaha, 1 guru PJOK, dan peserta didik yang siap menjadi sampel dan mengisi kuisioner. Sampel pada penelitian ini yakni, 5 orang kepala sekolah, 5 orang kepala tata usaha, 5 orang guru PJOK, dan 50 orang peserta didik. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan teknik persentase, sementara data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) SMA Negeri Se-Kota Kendari, hasilnya pada kategori sangat baik. Masing-masing aspek evaluasi terdiri dari, (1) Context evaluasi dengan nilai 3.64, dengan menggunakan penerapan KOSP pada sekolah sebagai pedoman penerapannya sudah sangat baik, (2) Input evaluasi dengan nilai 3.44, evaluasi input yang terdiri delapan indikator sangat baik dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka belajar (3) Process evaluasi dengan nilai 3.54, yang terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran sudah sesuai dengan pedoman implementasi kurikulum merdeka belajar yang digunakan pada lima sekolah tersebut (4) Product evaluasi dengan nilai 3.5, evaluasi product harus sering dilakukan guna mengetahui perkembangan dan kemajuan hasil belajar peserta didik dan mendorong motivasi belajar setelah selesai mengikuti program pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa evaluasi penerapan kurikulum merdeka terhadap pembelajaran PJOK sudah sangat baik serta efektif dilakukan disekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sujarwo, M.Or.
Uncontrolled Keywords: evaluasi, implementasi kurikulum merdeka, PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:17
Last Modified: 11 Jan 2024 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79996

Actions (login required)

View Item View Item