Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas dan Keterampilan Berkolaborasi Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah Imogiri.

Rosyid, M.Ibnu and Widarto, Widarto (2023) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas dan Keterampilan Berkolaborasi Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah Imogiri. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis-m ibnu rosyid-21702251022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap (1) kreativitas siswa, (2) keterampilan kolaborasi siswa, dan (3) kreativitas siswa dan keterampilan kolaborasi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Imogiri dan sampelnya adalah 64 siswa kelas XI. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive random sampling. Sampel penelitian dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes serta melalui wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data terdiri dari: (1) tes kreativitas, (2) panduan observasi keterampilan kolaborasi dan (3) panduan observasi keterlaksanaan pembelajaran berbasis proyek. Analisis data menggunakan Manova. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas, dengan peningkatan nilai rata- rata pretest-posttest dari 63 menjadi 86. Kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis proyek lebih baik dibanding kelas yang menggunakan pembelajaran secara langsung, dengan rata-rata N-Gain score sebesar 62,3 % yang masuk kategori cukup efektif. (2) Ada pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan kolaborasi siswa, dengan peningkatan nilai rata-rata pretest-posttest dari 74 menjadi 93. Kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis proyek lebih baik dibanding kelas yang menggunakan pembelajaran secara langsung, dengan rata-rata N-Gain score sebesar 56,3 % yang masuk kategori cukup efektif. (3) Ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa dan keterampilan kolaborasi, dengan nilai signifikansi 0.00 < 0,05, sehingga signifikan pada level kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan kolaborasi, kreativitas, pembelajaran berbasis proyek
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:59
Last Modified: 11 Jan 2024 04:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79992

Actions (login required)

View Item View Item