Kusumaningrum, Nafa Listya (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, DAN REVIEW) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SDN WULUHADEG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Nafa Listya Kusumaningrum_20108244075_Full Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman menggunakan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, dan Review) dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Wuluhadeg. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang mana masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini, yaitu siswa kelas IV SDN Wuluhadeg yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 9 perempuan dan 18 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu analisis data kulitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, dan Review) dalam pembelajaran bahasa Indonesia mampu meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil tes dari tahap pratindakan ke siklus I dan siklus II. Pada tahap pratindakan, dapat diketahui bahwa persentase ketuntasan siswa sebesar 26% dan nilai rata-rata sebesar 55,18. Kemudian, pada siklus I meningkat dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 65,38% dan nilai rata-rata sebesar 70. Selain itu, pada siklus II juga meningkat kembali dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 100% dan nilai rata-rata menjadi 82,40. Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, model pembelajaran SQ3R, pembelajaran bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 01:36 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 01:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79984 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |