Wijanarko, David (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NGOTO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
David Wijanarko_20108241010.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa menggunakan media buku cerita bergambar pada siswa kelas II SD Ngoto. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, subjek penelitian ini yaitu siswa kelas II SD Ngoto dengan jumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan desain model dari Kemmis dan McTaggart, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian ini menngunakan tes dan observasi. Teknis analisis data ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian dengan ketentuan jika siswa mendapatkan nilai ≥75 atau mencapai 75% dan persentase nilai kemampuan membaca semua siswa mendapatkan kategori sedang (65%-79%). Hasil penelitian yang sudah dilakukan menghasilkan data keberhasilan dengan meningkatnya kemampuan membaca siswa kelas II SD Ngoto. Meningkatnya kemampuan membaca siswa dengan melakukan pembelajaran menggunakan media buku cerita bergambar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Persentase keberhasilan penelitian yang sudah dilakukan terlihat dari hasil pada pratindakan 62%, siklus I 68%, siklus II 76%. Hasil nilai siswa yang mendapatkan ≥75 juga meningkat mulai dari pratindakan 1 siswa, siklus I 9 siswa, siklus II 20 siswa. Hasil keberhasilan penelitian ini sudah tercapai karena siswa yang mendapatkan nilai ≥75 mencapai 75% serta persentase nilai rata-rata kemampuan membaca menunjukan pada kategori sedang. Oleh karena itu maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SD Ngoto. Kata kunci : kemampuan membaca siswa, buku cerita bergambar, kelas redah, sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 03:50 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 03:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79956 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |