UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI VIDYA QASANA YOGYAKARTA

Pramudita, Levina (2024) UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI VIDYA QASANA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Levina Pramudita_20108241090.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan upaya guru dalam memotivasi belajar peserta didik kelas V di SD Negeri Vidya Qasana Yogyakarta; (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam memotivasi peserta didik kelas V di SD Negeri Vidya Qasana Yogyakarta; (3) Menjelaskan hasil dari upaya guru memotivasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian berlokasi di SD Negeri Vidya Qasana Yogyakarta dan mengamati kelas V. Data penelitian menggunakan data primer dan data sekunder yang berasal dari kepala sekolah, guru sejawat, guru kelas V, dan peserta didik kelas V. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa: (1) Guru melakukan enam upaya dalam memotivasi peserta didik kelas V, yaitu memberikan motivasi di awal pembelajaran, memberikan reward dan punishment, melakukan bimbingan khusus pada siswa ABK, memberikan kalimat motivasi di tengah pembelajaran, mengadakan kompetisi, dan melakukan ice breaking jika dirasa siswa mulai bosan dalam pembelajaran; (2) Faktor pendukung guru dalam memotivasi yaitu lingkungan kelas yang sehat dan kompak serta komunikasi yang baik antara guru dan orang tua; faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran diri siswa untuk belajar, siswa ABK yang mudah menyerah, dan masalah di keluarga siswa; (3) Pemberian motivasi yang dilakukan guru berdampak kepada peserta didik yang menjadi termotivasi dalam belajar dan mematuhi guru. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Siswa, Upaya Guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Dec 2024 03:32
Last Modified: 17 Dec 2024 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79955

Actions (login required)

View Item View Item