ANALISIS PERSEPSI DAN POLA ASUH TERHADAP MATEMATIKA: STUDI KASUS ORANG TUA BERPENDIDIKAN TINGGI DARI SISWA BERPRESTASI MATEMATIKA

Harsono, Tiara Friaesa (2024) ANALISIS PERSEPSI DAN POLA ASUH TERHADAP MATEMATIKA: STUDI KASUS ORANG TUA BERPENDIDIKAN TINGGI DARI SISWA BERPRESTASI MATEMATIKA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Tiara Friaesa Harsono.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis persepsi dan pola asuh orang tua berpendidikan tinggi dari siswa yang berprestasi matematika di kelas IIA SD Islam Terpadu Luqman Al Hakim, Kabupaten Sleman. Kemudian, secara khusus penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui persepsi orang tua berpendidikan tinggi dari siswa yang memiliki prestasi belajar matematika, (2) mengetahui pola asuh orang tua berpendidikan tinggi dari anak yang memiliki prestasi belajar matematika, (3) mengetahui keterkaitan persepsi dan pola asuh orang tua berpendidikan tinggi dari anak yang memiliki prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah lima orang tua berpendidikan tinggi dari siswa dengan prestasi matematika di kelas IIA SD Islam Terpadu Luqman Al-Hakim Sleman. Pengambilan data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara dan dokumentasi nilai hasil belajar matematika siswa di semester satu tahun ajaran 2022/2023. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang terbagi dalam tiga bagian, yakni (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) verifikasi dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian diuji keabsahannya menggunakan peningkatan ketekunan, diskusi dengan teman sejawat, dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) sebagian besar persepsi orang tua dalam penelitian ini cenderung memiliki persepsi relasional, 2) secara keseluruhan pola asuh orang tua dalam penelitian ini cenderung memiliki pola asuh demokratis, dan 3) sebagian besar sampel dalam penelitian ini berkaitan antara persepsi relasional dengan pola asuh demokratis. Namun, terdapat satu sampel dalam penelitian ini yang tidak sejalan antara persepsi dan pola asuh, dimana terdapat orang tua yang memiliki persepsi instrumental, namun pola asuh demokratis. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya riwayat pendidikan sampel yang tidak bersinggungan langsung dengan konsep matematis sehingga mempengaruhi persepsinya dalam matematika. Kata kunci: persepsi, pola asuh, orang tua berpendidikan tinggi, siswa berprestasi matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:47
Last Modified: 08 Jan 2024 06:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79935

Actions (login required)

View Item View Item