PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011

PRATISTYA , NOR AINI (2012) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 09403247007.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 09403247007.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 09403247007.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 09403247007.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 09403247007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011, (2) pengaruh Lingkungan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011, (3) pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto dan penelitian sampel karena sebagian atau wakil populasi yang diteliti sebagai subyek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 85. Pengumpulan data dengan metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Metode kuesioner atau angket untuk mengumpulkan data Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa sedangkan metode dokumentasi untuk mengetahui nilai Prestasi Belajar Akuntansi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 30 siswa di SMA Negeri 1 Sewon Bantul. Uji validitas instrumen dengan teknik analisis product moment, sedangkan uji reliabilitas dengan koefisien alpha. Analisis regresi sederhana digunakan untuk mengetahui mengetahui pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa secara sendiri-sendiri dengan Prestasi Belajar Akuntansi, sedangkan untuk mengetahui pengaruh kedua variabel bebas secara bersama-sama dengan variabel terikat digunakan analisis regresi ganda dua prediktor. Sebelum menganalisis data, terlebih dahulu digunakan pengujian prasyarat analisis meliputi uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan rx1y = 0.359, r2 x1y = 0,129, thitung = 3.509 lebih besar dari ttabel = 1,98; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan dibuktikan rx2y = 0.377, r2 x2y = 0,142, thitung = 3.711 lebih besar dari ttabel = 1,980; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar Akuntansi Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011, dibuktikan dengan Ry(1,2) = 0.494, R2 y(1,2) = 0.244, Fhitung = 13.264 lebih besar dari Ftabel = 3,11. Dengan demikian keseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis yang diajukan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Nov 2012 01:14
Last Modified: 29 Jan 2019 17:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7993

Actions (login required)

View Item View Item