Pratamin, Cantika Aprilia (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENERAPAN PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL DI KELAS III SD NEGERI SAWIT. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
CANTIKA A PRATAMIN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan Picture Word Inductive Model di kelas III SD Negeri Sawit. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain model penelitian Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Sawit dengan jumlah siswa 24. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis data deskriptif secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan, penerapan Picture Word Inductive Model dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas III SD Negeri Sawit dari segi proses aktivitas dan hasil. Peningkatan proses dapat dilihat melalui lembar observasi selama proses tindakan berlangsung. Berdasarkan hasil tes membaca, tingkat keberhasilan dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan dibuktikan melalui nilai rata-rata siswa dari pra siklus sebesar 62, 5. Setelah pelaksanaan tindakan atau tes membaca pada siklus pertama meningkat menjadi 70, 20 dan pada siklus kedua juga meningkat menjadi 81,875. Kata kunci: membaca permulaan dan picture word inductive model
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 01:08 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 01:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79926 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |