PENGEMBANGAN PAPAN MISTAR BERBASIS QUESTION CARD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS VI SD N GIRIPURWO

K., Fenia Anggita (2024) PENGEMBANGAN PAPAN MISTAR BERBASIS QUESTION CARD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS VI SD N GIRIPURWO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Fenia Anggita K.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media papan mistar berbasis question card dan menguji kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas media tersebut. Media ini digunakan untuk pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas VI SD N Giripurwo. Pengembangan media ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VI SD N Giripurwo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Tahap yang dilakukan oleh peneliti adalah analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD N Giripurwo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa media papan mistar berbasis question card dinyatakan “layak”, “praktis”, dan “efektif”. Kelayakan media diperoleh dari hasil validasi ahli media dan ahli materi. Hasil validasi materi memperoleh persentase 72% dalam kualifikasi “baik”. Hasil validasi media memperoleh persentase 70% dalam kualifikasi “baik”. Kepraktisan media diperoleh dari hasil penilaian guru kelas VI dan siswa kelas VI. Hasil penilaian kepraktisan pada uji coba terbatas mendapatkan persentase 97,5% dalam kualifikasi “sangat baik”. Hasil penilaian kepraktisan pada uji coba luas persentase 95% dalam kualifikasi “sangat baik”. Efektivitas media papan mistar berbasis question card diperoleh dari hasil pretest dan posttest pada tahap uji coba. Hasil efektivitas pada uji coba terbatas mendapatkan N Gain Score sebesar 72% yang termasuk dalam kategori “efektif”. Hasil efektivitas pada uji coba luas mendapatkan N Gain Score sebesar 85% yang termasuk dalam kategori “efektif”. Kata Kunci : pengembangan media, papan mistar, bilangan bulat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:50
Last Modified: 05 Jan 2024 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79910

Actions (login required)

View Item View Item