PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPS DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING DI SD NEGERI SINGOSAREN

Nurrizfa, Putri (2024) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPS DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING DI SD NEGERI SINGOSAREN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Putri Nurrizfa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa dalam muatan pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Singosaren dan bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa IPS menggunakan teknik pembelajaran kancing gemerincing pada siswa kelas V SD Negeri Singosaren. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan dan observasi, dan (3) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Singosaren yang terdiri dari 29 siswa. Teknik pengumpulan data mengguakan lembar observasi dan skala psikologi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan skala keaktifan belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri Singosaren dalam muatan pembelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui penggunaan teknik kancing gemerincing yang ditandai dengan meningkatnya persentase keaktifan belajar siswa. Hasil rata-rata skala keaktifan belajar pada mata pelajaran IPS pada pra siklus adalah 75,55 dengan persentase siswa yang aktif sebesar 58,62%, kemudian rata-rata siklus I adalah 80,10 dengan persentase siswa aktif sebesar 72,41%, dan pada siklus II rata-rata 85,35 dengan persentase siswa aktif sebesar 85,71%. Kata kunci: keaktifan belajar IPS, teknik kancing gemerincing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:40
Last Modified: 05 Jan 2024 06:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79908

Actions (login required)

View Item View Item