PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI ATURAN DAN TATA TERTIB UNTUK SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH MULYODADI KECAMATAN BAMBANGLIPURO KABUPATEN BANTUL PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Habibah, Umi (2023) PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI ATURAN DAN TATA TERTIB UNTUK SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH MULYODADI KECAMATAN BAMBANGLIPURO KABUPATEN BANTUL PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Umi Habibah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul interaktif berbasis kontekstual pada materi aturan dan tata tertib yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development yang melalui 5 langkah penelitian model ADDIE. Langkah-langkah yang dilakukan yakni Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Mulyodadi pada siswa kelas II. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan skala. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media modul interaktif berbasis kontekstual layak digunakan untuk siswa sekolah dasar kelas II. Produk penelitian telah melalui tahap penilaian validasi dari ahli materi dan ahli media, uji coba lapangan awal, dan uji coba utama. Penilaian serta evaluasi yang diberikan ahli materi, ahli media, siswa dan guru menunjukkan bahwa modul interaktif layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: modul interaktif, pembelajaran PPKn, aturan dan tata tertib

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:13
Last Modified: 21 Dec 2023 01:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79849

Actions (login required)

View Item View Item