Analisis Faktor Penghambat Guru Dalam Proses Pembelajaran PJOK Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri 2 Yogyakarta

Randi, Randi (2023) Analisis Faktor Penghambat Guru Dalam Proses Pembelajaran PJOK Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri 2 Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_randi_19604221017.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif metode survei dengan beberapa jalur yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setting atau tempat pada penelitian ini dilaksanakan di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Subjek pada penelitian ini yakni guru di SLB Negeri 2 Yogyakarta dengan jumlah guru yang di wawancara adalah 3 (tiga) guru. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik data kualitatif triangulasi dengan beberapa tahapan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil dari data penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penghambat guru dalam proses pembelajaran PJOK Anak berkebutuhan khusus SLB Negeri 2 Yogyakarta terdiri dari 3 faktor yakni (1) faktor internal Anak, (2) karakteristik Anak yang berbeda-beda, (3) prasarana lapangan sepak bola yang tidak lengkap dan karena (4) keterbatasan guru PJOK untuk memahami setiap peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Aris Fajar Pambudi, M.Or.
Uncontrolled Keywords: penghambat, berkebutuhan khusus, keterbatasan guru PJOK, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Dec 2023 09:15
Last Modified: 20 Mar 2025 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79837

Actions (login required)

View Item View Item