Nurhayati, Nurhayati (2023) PERBEDAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN BANDONGAN 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Nurhayati.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai rata-rata prestasi belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri Bandongan 1 Magelang yang diberikan pembelajaran menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education dan Problem Solving. Prestasi belajar matematika penting digunakan untuk mengukur kemampuan pengetahuan peserta didik pada materi yang dipelajari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berjenis kuasi eksperimen. Metode yang digunakan adalah penelitian populasi dari siswa kelas V SD Negeri Bandongan 1 Magelang yang berjumlah 27 siswa. Sesuai skor pret est, diambil 14 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diberikan pembelajaran menggunakan pendekatan realistic mathematics education. Kelompok kontrol sebanyak 13 siswa yang diberikan pembelajaran menggunakan pendekatan problem solving. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kelompok yang diberikan pembelajaran menggunakan pendekatan realistic mathematics education memperoleh nilai rata rata 65,3571 sedangkan kelompok dengan pendekatan problem solving memperoleh nilai rata-rata 61,1538 dan selisih kedua kelompok tersebut sebesar 4,2033. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kelompok yang diberikan pembelajaran menggunakan pendekatan realistic mathematics education memperoleh hasil prestasi belajar matematika lebih tinggi daripada kelompok yang menggunakan pendekatan problem solving. Kata kunci: Prestasi belajar matematika, realistic mathematics education, problem solving.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 07:11 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 07:11 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79830 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |