IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD N MONGGANG

Ainun, Tri Ratna (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD N MONGGANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Tri Ratna Ainun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi program adiwiyata dalam proses pembelajaran tematik di SD N Monggang. Program adiwiyata dalam proses pembelajaran sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran terhadap lingkungan hidup. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, koordinator tim adiwiyata bidang kurikulum, guru kelas, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program adiwiyata dalam proses pembelajaran tematik di SD N Monggang sudah dilaksanakan sesuai dengan standar perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang tertera pada komponen kurikulum berbasis lingkungan sebagai penunjang terlaksananya program adiwiyata dalam proses pembelajaran. Perencanaan dilakukan setiap awal tahun ajaran baru dengan melibatkan seluruh stakeholder sekolah. Perencanaan yang dilakukan meliputi penentuan tim pengembang kurikulum, penyusunan visi, misi, dan tujuan sekolah, dan perencanaan kegiatan pembelajaran dengan penyusunan struktur kurikulum, penetapan kriteria ketuntasan minimal belajar, dan pengintegrasian materi lingkungan hidup dalam perangkat pembelajaran. Pelaksanaan berkaitan dengan kompetensi tenaga pendidik dalam mengembangkan pembelajaran lingkungan hidup dan kegiatan pembelajaran lingkungan hidup yang dilakukan peserta didik. Evaluasi dilakukan dengan penilaian terhadap capaian hasil belajar dan supervisi pembelajaran lingkungan hidup. Hasil evaluasi dijadikan dasar penentuan upaya tindak lanjut. Kata kunci: program adiwiyata, pembelajaran tematik, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:41
Last Modified: 19 Dec 2023 06:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79827

Actions (login required)

View Item View Item