PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS ASPEK IBADAH PADA KELAS III MELALUI PEMBIASAAN DI SDIT SALSABILA 2 KLASEMAN

Hawari, Sivani Rahma (2023) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS ASPEK IBADAH PADA KELAS III MELALUI PEMBIASAAN DI SDIT SALSABILA 2 KLASEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Sivani Rahma Hawari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pendidikan karakter religius aspek ibadah pada kelas III melalui pembiasaan di SDIT Salsabila 2 Klaseman, (2) kendala dan solusi pelaksanaan pendidikan karakter religius aspek ibadah pada kelas III melalui pembiasaan di SDIT Salsabila 2 Klaseman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif desain studi kasus. Penentuan subjek secara purposive. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III, guru kelas III, guru agama kelas III dan kepala sekolah. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pendidikan karakter religius aspek ibadah pada kelas III melalui pembiasaan di SDIT Salsabila 2 Klaseman dalam aspek keyakinan dibiasakan dengan pentingnya melaksanakan salat lima waktu melalui komunikasi guru; aspek peribadatan dibiasakan secara bertahap melalui leadership salat lima waktu dengan tertib, tepat waktu serta kerjasama salat berjamaah; aspek penghayatan dibiasakan menghayati makna ibadah salat dengan tertib dan menghayati hikmah ibadah salat dengan kerjasama dalam kehidupan sehari-hari; aspek pengetahuan dibiasakan menyebutkan arti salat, menjelaskan pentingnya melaksanakan salat, menyebutkan hikmah salat dan menjelaskan hikmah salat; aspek konsekuensi dibiasakan menerapkan contoh makna ibadah salat, menceritakan hikmah ibadah salat di rumah dan di sekolah. (2) kendala dan solusi yaitu kendala meliputi: kurangnya orientasi pembiasaan; kurangnya bimbingan guru dalam menertibkan; kesalahpahaman wali murid terhadap informasi pelaksanaan pembiasaan. Solusinya, yaitu: siswa dibimbing dengan memantau dan mendisplinkan siswa; teladan sikap dalam melaksanakan pembiasaan; sosialisasi informasi kepada wali murid terkait pelaksanaan pembiasaan. Kata kunci: karakter religius, ibadah, pembiasaan, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:14
Last Modified: 19 Dec 2023 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79818

Actions (login required)

View Item View Item