Huda, Aprilia Nurul (2023) PERBEDAAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA KELAS YANG DIAJAR DENGAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK DAN GLOBAL DI KELAS II SD NEGERI TULUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
![]() |
Text
Aprilia Nurul Huda.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Keterampilan membaca permulaan menjadi penting karena dijadikan sebagai dasar bagi siswa untuk belajar membaca di tingkat selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai rerata keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri Tulung yang diajar dengan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dan metode global. Penelitian ini berjenis eksperimen kuasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II A dan II B SD Negeri Tulung yang terdiri dari 38 siswa. Sampel penelitian ditentukan secara purposif (purposive sampling) dan ditemukan 9 pasang siswa yang memiliki skor pretest yang sama. Kelas II A sebagai grup eksperimen yang diajar menggunakan metode SAS, sementara kelas II B sebagai grup kontrol yang diajar menggunakan metode global. Instrumen penelitian menggunakan instrumen unjuk kerja. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa grup yang menerapkan metode SAS memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,956 sedangkan, grup dengan metode global memperoleh nilai rata-rata sebesar 70,633 dan selisih kedua grup tersebut sebesar 10,323. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa grup yang diajar dengan metode SAS memiliki nilai rerata keterampilan membaca permulaan lebih tinggi daripada grup yang diajar dengan metode global. Kata kunci: Membaca permulaan, Metode Struktural Analitik Sintetik, Metode Global.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 02:11 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 02:11 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79815 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |