Indarto, Kurniawan Yogi and Pardjono, Pardjono (2023) Strategi Pengembangan Pendidikan Vokasional di Pesantren untuk Menumbuhkan Minat Santri dalam Berwirausha. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
Text
tesis-kurniawan yogi indarto-20702251014.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan temuan secara mendalam mengenai landasan dasar pendidikan vokasional yang dikembangkan melalui landasan keagamaan; (2) meneliti secara mendalam mengenai integrasi antara pendidikan pesantren dan pendidikan vokasional untuk menumbuhkan minat santri dalam berwirausaha; (3) menganalisis dan meneliti secara mendalam mengenai strategi pengemabngan pendidikan vokasional yang berorientasi pada penumbuhan minat dalam berwirausaha. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Terpadu Al Mumtaz Patuk, Gunungkidul sejak 27 Februari hingga 27 Juli 2023. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan berbagai referensi studi pustaka.Informan penelitian meliputi pengasuh pondok pesantren, direktur BUMPES, guru RA, guru MI, guru MTs, guru MA dan santri istimror. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu analisis model interaktif dengan langkah-langkah: pengumpulan data, reduksi data, data display, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Konsep dasar pengembangan pendidikan vokasional yang ada di pondok pesantren Al-Mumtaz merupakan pelaksanaan dari landasan kegamaan yaitu visi dan misi pondok pesantren yaitu mewujudkan pendidikan yang tuntas mandiri; (2) Pendidikan vokasional secara terkonsep diselenggarakan mulai dari RA hingga MA, yang mana jenjang RA hingga MTs merupakan tahap internalisasi keterampilan melalui pre-vokasional yang dikemas dalam pembelajaran muatan lokal dan prakarya, sedangkan jenjang MA merupakan tahap akuisisi keterampilan melalui kurikulum keterampilan prodi tata busana dan tata boga, kurikulum entrepreneur, dan program istimror, yaitu program pengabdian dan pemagangan di BUMPES setelah lulus MA selama satu tahun. Pemagangan dilaksanakan merupakan konsep teaching factory dalam rangka pemantapan serta pembentukan kultur budaya kerja, pembiasaan kerja pada unit produksi, skill pengoperasian mesin produksi serta skill manajemen produksi; (3) Minat berwirausaha merupakan muara akhir dari pendidikan vokasional, sehingga upaya yang dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut yaitu melalui (a) penanaman jiwa dan karakteristik wirasuaha melalui budaya kerja untuk membangun etos kerja, (b) praktik pembelajaran secara langsung dalam membuat business plan dan skill manajemen usaha di unit pemasaran, dan (c) penyelenggaraan event Pasar Pakudirjan dan Wisata Inspirasi Edukasi Preneur Al-Mumtaz yang dikemas dalam filed trip sebagai sarana edukasi wirasuaha pada masyarakat dan lembaga pendidikan lainnya.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan vokasional, pesantren, wirausaha |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 05:09 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 05:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79707 |
Actions (login required)
View Item |