Implementasi Program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) pada Konsentrasi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Bhakti Loa Janan Kalimantan Timur.

Nurodanika, Mawarda and Sudira, Putu (2023) Implementasi Program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) pada Konsentrasi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Bhakti Loa Janan Kalimantan Timur. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis-mawarda nurodanika-21702251014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan implementasi Program SMK PK yang meliputi strategi seleksi, perencanaan, dan pelaksanaan, serta faktor pendukung dan program tersebut pada konsentrasi keahlian TKR. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif yang dilaksanakan di SMK Bhakti Loa Janan Kalimantan Timur dari November 2022 hingga Juli 2023. Subjek penelitian yaitu: (1) kepala sekolah, (2) wakil kepala sekolah bidang kurikulum, (3) wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, (4) kepala konsentrasi keahlian, dan (5) guru produktif TKR. Pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman, melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data memperhatikan kredibilitas dengan memperpanjang keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan member check; dan dependabilitas dilakukan dengan audit trail. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Seleksi program dilaksanakan dengan membentuk tim khusus, menyiapkan dokumen link and match, menyiapkan video aksi, dan menyiapkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (2) Perencanaan program meliputi sosialisasi, pengadaan fasilitas, dan program pengembangan melalui pendampingan Politeknik Negeri Samarinda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Kartanegara, dan BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata. (3) Pelaksanaan program terlaksana dengan baik, meliputi IKM berlandaskan KOSP serta modul ajar dan program penguatan kelembagaan SMK dilaksanakan dalam kegiatan Benchmarking dengan PT Astra Daihatsu, employee gathering dan pendampingan dengan Politeknik Negeri Samarinda. (4) Faktor pendukung program meliputi tim yang berkompeten; rekomendasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, industri, dan pengurus sekolah; dan kreativitas guru dalam mengembangkan kegiatan P5. (5) Hambatan program meliputi kurangnya keaktifan siswa dalam kegiatan IKM dan P5, kurangnya koordinasi pelaksanaan teaching factory, kurangnya pemahaman istilah baru dan penggunaan platform digital, sulitnya mencari industri pengganti PKL, belum optimalnya penjadwalan update teknologi atau pelatihan guru/instruktur, keterlambatan SK perguruan tinggi pendamping, kurangnya lahan sekolah dan belum optimalnya penggunaan peralatan praktik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: merdeka belajar, penguatan karakter, SMK pusat keunggulan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Dec 2023 05:02
Last Modified: 05 Dec 2023 05:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79706

Actions (login required)

View Item View Item