Trianda, Derri and Sukardi, Sukardi (2023) Relevansi Kompetensi Keterampilan SMK Multimedia dengan Industri, Dunia Usaha, dan Dunia Kerja di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
tesis-derri trianda-19702259001.pdf Download (81MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) tingkat urgensi kompetensi melalui persepsi guru, (2) tingkat pencapaian peserta didik, (3) tingkat kebutuhan industri, dunia usaha, dan dunia kerja (IDUKA), (4) klasifikasi kompetensi, dan (5) tingkat relevansi kurikulum SMK kompetensi keahlian multimedia pada aspek keterampilan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan kebutuhan IDUKA bidang multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Subjek penelitian terdiri dari siswa, guru produktif, dan IDUKA yang bergerak di bidang multimedia. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sample purposive. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Kuesioner divalidasi melalui expert judgment lalu di uji coba pada 30 responden. Kemudian dengan teknik korelasi Pearson Product Moment, hasil validitas instrumen dari 19 butir pertanyaan adalah valid dengan nilai r tabel ≥ 0,361. Reliabilitas instrumen di analisis menggunakan Alpha Cronbach dengan hasil 0,948 ≥ 0,6 termasuk kategori sangat kuat, sedangkan hasil analisis menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Urgensi kompetensi keahlian multimedia dalam kurikulum SMK yang diajarkan guru produktif terdiri dari 89 butir kompetensi keahlian yang dikelompokkan berdasarkan mata pelajaran, kategori yang didapatkan adalah sangat peting untuk diajarkan. (2) Tingkat pencapaian siswa terhadap kompetensi keterampilan pada kurikulum SMK diperoleh seluruh kompetensi dikuasai kompeten oleh siswa. (3) Kompetensi keahlian multimedia pada kurikulum SMK terdiri dari 89 butir kompetensi keahlian C3 aspek keterampilan. Semua butir kompetensi tersebut dibutuhkan oleh IDUKA bidang multimedia dengan kategori sangat dibutuhkan. (4) Klasifikasi kompetensi yang dirumuskan dalam kurikulum SMK, bahwa 89 butir kompetensi keterampilan dalam kurikulum SMK penting untuk diajarkan guru, kompeten dikuasai siswa dan menjadi kebutuhan IDUKA. (5) Tingkat relevansi kurikulum SMK kompetensi keahlian multimedia pada aspek keterampilan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan kebutuhan IDUKA bidang multimedia dengan kategori sangat relevan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi, kurikulum, multimedia, relevansi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 04:23 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 04:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79684 |
Actions (login required)
View Item |