Pengembangan Modul Projek Kreatif dan Kewirausahaan Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Komunikasi, Kolaborasi, dan Minat Wirausaha Peserta Didik di SMKN 1 Pariaman.

Janata, Ade Dwi Putra (2023) Pengembangan Modul Projek Kreatif dan Kewirausahaan Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Komunikasi, Kolaborasi, dan Minat Wirausaha Peserta Didik di SMKN 1 Pariaman. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis-ade dwi putra janata-20702251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul mata pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan berbasis Problem-Based Learning yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi, kolaborasi dan minat wirausaha peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Pariaman dengan subjek penelitian terdiri dari subjek uji coba dan subjek implementasi. Subjek uji coba modul terdiri dari subjek validasi dan kepraktisan. Subjek validasi terdiri dari validator ahli materi, ahli media dan pembelajaran, dan praktisi lapangan. Subjek kepraktisan merupakan peserta didik kelas XII di SMKN 1 Pariaman yang diuji melalui tahap one-to-one, small group dan field test. Sedangkan subjek implementasi modul adalah 60 peserta didik kelas XI di SMKN 1 Pariaman yang dibagi dalam kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar angket validasi ahli materi, ahli media dan pembelajaran, dan praktisi lapangan; angket kepraktisan; dan soal pretest- posttest kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikasi, kolaborasi, dan minat wirausaha. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengolah data yang diperoleh dari angket dan analisis deskriptif kualitatif untuk mengolah data berupa pendapat, saran, dan komentar perbaikan yang terdapat pada angket. Analisis data implementasi modul dilakukan melalui analisis data inferensial terhadap data pretest dan posttest peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul yang dihasilkan cukup valid, dengan nilai validasi 78,71% (dari ahli materi), 85,62% (dari ahli media dan pembelajaran), dan 90,17% (dari praktisi lapangan). Soal pretest-posttest yang dihasilkan cukup valid, dengan nilai validasi 79,68% (dari ahli materi), dan 91,67% (dari ahli media dan pembelajaran). Uji kepraktisan memperoleh kriteria praktis, dengan nilai 93,03% (uji one to one), 88,78% (Small group) dan 91,19% (field test). Modul dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi, kolaborasi, dan minat wirausaha, yang terbukti dari perbedaan nilai pretest-posttest siswa yang menggunakan modul dengan siswa yang tidak menggunakan modul (P-value 0,00 < α 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kewirausahaan, kreatif, kritis, komunikasi, kolaborasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:11
Last Modified: 30 Nov 2023 02:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79683

Actions (login required)

View Item View Item