Dampak Pandemi terhadap Kompetensi Digital Guru SMK Program Keahlian Teknik Otomotif

Juliandarini, Juliandarini and priyanto, priyanto (2023) Dampak Pandemi terhadap Kompetensi Digital Guru SMK Program Keahlian Teknik Otomotif. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis-juliandarini-21702251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengungkap tingkat penguasaan kompetensi digital guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) program keahlian teknik otomotif sebelum dan setelah pandemi Covid-19 menggunakan kerangka kerja yang dikembangkan oleh European Commission, dan (2) membandingkan tingkat penguasaan tersebut dengan menggunakan uji parametrik pada dua data berpasangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex post facto dengan desain cross-sectional. Penelitian dilaksanakan di SMK yang memiliki bidang keahlian Teknik Otomotif di kabupaten Bantul. Subjek penelitian adalah 113 guru SMK yang mengampu mata pelajaran vokasi bidang keahlian Teknik Otomotif. Pengumpulan data menggunakan angket yang merujuk pada kerangka kerja Digcompedu. Variabel yang diteliti yaitu: (1) keterlibatan profesional, (2) sumber daya digital, (3) pengajaran dan pembelajaran, (4) penilaian, (5) pemberdayaan peserta didik, dan (6) fasilitasi kompetensi digital peserta didik. Validitas instrumen diperoleh melalui expert judgement dan Exploratory Factor Analysis (EFA) sedangkan reliabilitas diperoleh dengan metode Cronbach’s Alpha. Uji normalitas data menggunakan Kolmogorov-Smirnov. Data terdistribusi normal sehingga dapat dilakukan analisis deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan karakteristik data. Uji hipotesis menggunakan uji parametrik pada dua data berpasangan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Tingkat penguasaan kompetensi digital guru SMK program keahlian teknik otomotif sebelum pandemi berada pada kategori rendah (65,49%) dan setelah pandemi berada pada kategori sedang (70,80%), dan (2) Ada perbedaan yang signifikan (t=13,3553) dengan persentase kenaikan sebesar 52,81% pada tingkat penguasaan kompetensi digital guru akibat pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19, yang awalnya menghadirkan tantangan, ternyata berdampak positif pada peningkatan kompetensi digital guru sehingga mendorong percepatan transformasi digital dalam bidang pendidikan. Peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk melaksanakan penelitian kompetensi digital guru dengan terlebih dahulu mengembangkan kerangka kerja kompetensi digital yang sesuai dengan lingkungan pembelajaran di Indonesia.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Digcompedu, kompetensi digital guru, SMK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:53
Last Modified: 29 Nov 2023 03:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79682

Actions (login required)

View Item View Item