PENINGKATAN MOTIVASI DAN KOMPETENSI MENGGAMBAR SECARA KERING MENGGUNAKAN MEDIA JOB SHEET PADA MATA DIKLAT MENGGAMBAR BUSANA KELAS X DI SMK PEMBANGUNAN PACITAN

YULI, RETNANINGSIH (2012) PENINGKATAN MOTIVASI DAN KOMPETENSI MENGGAMBAR SECARA KERING MENGGUNAKAN MEDIA JOB SHEET PADA MATA DIKLAT MENGGAMBAR BUSANA KELAS X DI SMK PEMBANGUNAN PACITAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover -09513242014.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -09513242014.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -09513242014.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -09513242014.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran Menggambar secara kering menggunakan media Job Sheet pada mata diklat Menggambar busana. 2) Mengetahui peningkatan motivasi belajar Menggambar secara kering menggunakan media Job Sheet pada mata diklat Menggambar busana 3) Mengetahui peningkatan kompetensi Menggambar secara kering menggunakan media Job Sheet pada Mata Diklat Menggambar Busana Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (clasroom action research), menggunakan model Kemmis dan Taggart dengan langkah: 1) perencanaan (planning,) 2) tindakan (Action), 3) pengamatan (observing), 4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah 16 siswa kelas X di SMK Pembangunan Pacitan. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Desember-Mei 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, catatan lapangan, tes kognitif dan tes unjuk kerja. Sedangkan instrumen penelitiannya yaitu lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi motivasi, tes kognitif, lembar observasi afektif, lembar pnilaian unjuk kerja,dan kelayakan media Job Sheet. Instrumen yang telah disusun kemudian dicari validitasnya yaitu dengan menggunakan validitas konstrak dan validitas isi melalui rekomendasi ahli (judgment expert) yang dinyatakan layak digunakan sebagai penelitian, untuk tes pilihan ganda dilakukan uji validitas dengan product moment. Uji reliabilitas pelaksanaan pembelajaran menggunakan Alpha Cronbach dengan hasil 0,667, tes pilihan ganda menggunakan spearman brown diperoleh 0,601, penilaian Afektif dengan Alpha Cronbach diperoleh 0,625, penilaian unjuk kerja menggunakan antar rater diperoleh 0650, motivasi dengan Alpha Cronbach diperoleh 0,625 dan kelayakan media hasilnya 1,000. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian: 1) pelaksanaan pembelajaran Menggambar secara kering pada tahap pendahuluan masih ada yang belum masuk kelas, pada saat pembelajaran dimulai, pembukaan pembelajaran disampaikan secara sistematis, tahap penyajian belum ada tanya jawab tentang materi dan guru tidak memberikann kesimpulan terhadap materi serta tidak memberikan tugas pendalaman materi. Siswa masih kurang efektif dengan penyelesaian menggambar, karena belum efektif sehingga dilanjutkan siklus I menjadi lebih efektif tetapi belum optimal dengan adanya media Job Sheet, tahap pendahuluan, penyajian dan penutup dilakukan lebih baik dari sebelumnya, karena belum sesuai dengan harapan maka dilanjutkan siklus II hasil dari ketiga tahapan lebih baik dan siswa terlihat lebih aktif. Penelitian dihentikan pada siklus ke II, 2) motivasi mengambar secara kering pada pra siklus kategori sangat tinggi 12%, tinggi 38% dan rendah 50%. Siklus I kategori sangat tinggi 81%, tinggi dan kategori tinggi 19%. Pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan 12%. Siklus II motivasi kategori sangat tinggi 94%, siklus ini mengalami peningkatan 13%. Dengan adanya penggunaan media Job Sheet dapat meningkatkan motivasi menggambar secara kering 3) kompetensi menggambar secara kering menggunakan media Job Sheet pada pra siklus siswa yang masuk dalam kategori tuntas sesuai dengan KKM yaitu 38% dan kategori tidak tuntas 62%. Siklus I kategori tuntas 75% dan belum tuntas 25%, pada siklus ini mengalami peningkatan 6%. Siklus II 94% siswa dinyatakan memnenuhi KKM yang telah ditentukan yaitu 75, pada siklus ke II mengalami peningkatan 7%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media Job Sheet dapat meningkatkan kompetensi menggambar secara kering. Kata kunci : Motivasi, Peningkatan Kompetensi, Menggambar Secara Kering dan Media Job Sheet

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Peningkatan Kompetensi, Menggambar Secara Kering dan Media Job Sheet
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Nov 2012 00:46
Last Modified: 29 Jan 2019 17:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7968

Actions (login required)

View Item View Item