Pengaruh Kepemimpinan Mutu, Visioner, dan Kewirausahaan Kepala SMK Bidang Teknologi dan Rekayasa terhadap Keberhasilan Pengelolaan Sekolah di DIY.

Alayda, Faya Izma and Wagiran, Wagiran (2023) Pengaruh Kepemimpinan Mutu, Visioner, dan Kewirausahaan Kepala SMK Bidang Teknologi dan Rekayasa terhadap Keberhasilan Pengelolaan Sekolah di DIY. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis-faya izma alayda-21702251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kepala sekolah memiliki peran penting dalam keberhasilan pengelolaan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap besarnya pengaruh (1) kepemimpinan mutu, (2) kepemimpinan visioner, (3) kewirausahaan kepemimpinan, dan (4) kepemimpinan mutu, kepemimpinan visioner, dan kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah terhadap keberhasilan pengelolaan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Provinsi DIY. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan desain ex-post facto. Populasi penelitian ini terdiri dari populasi daerah yang meliputi 122 SMK bidang Teknologi dan Rekayasa di Provinsi DIY, dan populasi subyek yang meliputi seluruh guru SMK bidang Teknologi dan Rekayasa di Provinsi DIY. Sampel wilayahnya adalah 16 SMK yang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster sampling dan dilanjutkan proportional stratified random sampling yaitu SMK dengan akreditasi A, B, dan C. Perhitungan jumlah sampel subjek dilakukan dengan rumus Slovin menggunakan toleransi kesalahan 5%, diperoleh 282 guru sebagai sampel penelitian. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah dan guru SMK. Instrumen divalidasi melalui validasi ahli dan validasi konstruk. Reliabilitas instrumen diuji menggunakan Alpha Cronbach’s. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji ANOVA, dan uji regresi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan mutu kepala sekolah terhadap keberhasilan pengelolaan SMK di DIY sebesar 31,5%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap keberhasilan pengelolaan SMK di DIY sebesar 11,1%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah terhadap keberhasilan pengelolaan SMK di DIY sebesar 35,7%. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan mutu, visioner, dan kewirausahaan kepala sekolah terhadap keberhasilan pengelolaan SMK di DIY secara bersama-sama sebesar 37,3%. Hasil tersebut menjadi masukan dan perlu ditindaklanjuti oleh pengambil kebijakan sebagai bahan untuk menyusun kebijakan baru atau merevisi kebijakan terkait peningkatan keberhasilan pengelolaan sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, mutu, visioner, kewirausahaan, pengelolaan sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Nov 2023 08:00
Last Modified: 28 Nov 2023 08:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79668

Actions (login required)

View Item View Item