Tantriati, Tantriati and Nursa'ban, Muhammad (2023) Evaluasi Program Pendidikan Inklusi di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Bantul. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
Text
tesis-tantriati-21701251010.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program pendidikan inklusif di taman kanak-kanak (TK) di Kabupaten Bantul, dilihat dari aspek (1) konteks, (2) input, (3) proses, dan (4) produk. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan campuran berupa embedded design. Sampel pada penelitian ini adalah empat TK inklusif di Kabupaten Bantul. Model evaluasi yang digunakan adalah CIPP dan berorientasi pada aspek context untuk melihat tujuan dan pedoman yang digunakan; iInput untuk melihat sumber daya manusia, rencana pembelajaran dan pembiayaan; process melihat monitoring, pelaksanaan, dan hambatan dalam pendidikan inklusif; product melihat tujuan yang telah tercapai dan hasil dari program. Uji keabsahan yang digunakan yaitu triangulasi metode. Analisis data menggunakan Milles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas menggunakan expert judgment dan reliabilitas dengan ICC. Subjek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, dan peserta didik berkebutuhan khusus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dan dengan menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Hasil evaluasi context menunjukkan tujuan dan landasan penyelenggaran program sudah relevan dengan tujuan dalam pedoman penyelenggaran pendidikan inklusif PAUD. (2) Hasil evaluasi input menunjukkan sumber daya manusia, rencana pembelajaran, dan kurikulum cukup sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus. Kurangnya pembiayaan menjadi penyebab tidak tersedianya guru pendamping khusus. (3) Hasil evaluasi process menunjukkan bahwa kompetensi yang dimiliki sumber daya manusia sesuai dengan standar. Hambatan yang dialami di antaranya yaitu guru kurang fokus dalam memberikan materi pembelajaran dan ilmu pengetahuan yang dimiliki masih sangat terbatas. (4) Hasil evaluasi product menunjukkan bahwa tujuan program yang mampu dicapai di bawah 50%. Kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus dalam aspek kognitif dan afektif berada pada tahap berkembang sesuai harapan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak berkebutuhan khusus, evaluasi program, pendidikan inklusif |
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 02:56 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 02:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79641 |
Actions (login required)
View Item |