PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI PANEMBAHAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Fitri, Utami (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI PANEMBAHAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVRSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108241038.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108241038.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108241038.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108241038.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108241038.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N Panembahan Kota Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk mencari pengaruh treatment (perlakuan) model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Penelitian ini dilakukan dalam empat kali pertemuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Panembahan Kota Yogyakarta, yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data berupa t- test. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N Panembahan Kota Yogyakarta. Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pokok bahasan gaya tersebut dapat dilihat dari selisih nilai rata-rata. Selisih nilai rata-rata (mean) pretest dan posttest antara kelas eksperimen (8,29) yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol (6,89), sehingga dapat disimpulkan bahwa metod pembelajaran kooperatif tipe TAI berpengaruh sangat nyata (p < 0,01) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Panembahan, Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Team Assisted Individualization), dan Hasil Belajar IPA.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Nov 2012 00:46
Last Modified: 29 Jan 2019 17:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7960

Actions (login required)

View Item View Item