PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI FLASH PADA MATA DIKLAT MEMBACA GAMBAR DI SMK N 2 KLATEN

ADIE SETYA , DARMAWAN (2012) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI FLASH PADA MATA DIKLAT MEMBACA GAMBAR DI SMK N 2 KLATEN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover-09503247005.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-09503247005.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2-09503247005.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5-09503247005.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran-09503247005.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran animasi Flash sebagai pendukung pembelajaran membaca gambar, mengetahui kelayakan media pembelajaran dan kinerja media pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMK kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Tempat penelitian di SMK Negeri 2 Klaten. Waktu yang digunakan untuk pelaksanaan penelitian pada bulan Mei 2012. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan melalui angket. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan dibuat persentase terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini juga menggunakan penelitian eksperimen semu yaitu melibatkan kelas XI MA sebagai kelas kontrol dan kelas XI MB sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran melalui beberapa tahap, yaitu (1) Fase investigasi awal tentang perangkat pembelajaran dan menetapkan bahan ajar atau materi yang akan dikembangkan medianya; (2) Fase perancangan menyiapkan desain perangkat pembelajaran (silabus, RPP), menyusun materi, mendesain media pembelajaran; (3) Fase realisasi yaitu membuat dan mengembangkan produk awal untuk divalidasi; (4) Fase validasi, uji coba dan revisi yaitu validasi oleh ahli materi dan ahli media, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan ; (5) Fase implementasi produk akhir. Dari uji kelayakan yang dikembangkan media pembelajaran ini menurut ahli materi pembelajaran memperoleh persentase kelayakan total sebesar 84 %, menurut ahli media memperoleh persentase kelayakan total sebesar 83,4 %, menurut guru pengampu memperoleh persentase kelayakan total sebesar 87,11 % dan hasil yang didapat dari penilaian siswa didapatkan persentase kelayakan sebesar 86,42%. Hasil persentase kelayakan membuktikan bahwa media pembelajaran animasi Flash yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran membaca gambar. Media pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan prestasi belajar dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen, pre test 4,39 dan nilai rata-rata post test 8,18 telah memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal. Penggunaan media pembelajaran secara signifikan menunjukan efektivitasnya sebagai model pembelajaran membaca gambar, hasil penelitian menunjukan t hitung lebih besar dari pada t tabel (5,285 > 2,380). Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Animasi, Membaca Gambar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Animasi, Membaca Gambar.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Nov 2012 00:20
Last Modified: 29 Jan 2019 17:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7959

Actions (login required)

View Item View Item