Fasiroka, Ema Yulia (2023) Penerapan Metode Blended Learning Untuk Meningkatkan Fungsi Kognitif dan Self-Efficacy Pada Peserta Didik SMA Negeri 2 Wonogiri. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.
|
Text
fulltext_ema yulia fasiroka_23060540029.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan fungsi kognitif, dan mengetahui peningkatan self-efficacy dalam proses pembelajaran menggunakan metode blended lerning Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kriteria inklusi subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 5 SMA Negeri 2 Wonogiri tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 36 peserta didik yang terdiri dari 12 peserta didik perempuan dan 24 peserta didik laki-laki. Sumber data berasal dari kolaborator, peserta didik, dan peneliti. Data kemampuan fungsi kognitif diperoleh menggunakan instrument kemampuan fungsi kognitif, sedangkan data self-efficacy diperoleh dari angket skala self-efficay. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode blended learning dapat meningkatkan kemampuan fungsi kognitif dan self-efficacy. Peningkatan kemampuan kognitif terlihat dari hasil siklus 1 yang mencapai 69,44% menjadi 80,56% pada siklus 2. Kemudian untuk tingkat self-efficacy pada siklus 1 dihasilkan 80,56% pada tingkat sedang, dan 19,44% pada tingkat redah. Artinya, tidak ada peserta didik yang mencapai tingkat self-efficacy tinggi. Akan tetapi pada siklus 2 dihasilkan 5,56% pada tingkt tinggi, 86,11% pada tingkt sedang, dan hanya 8,33% padatingkat rendah. Hasil tersebut menunjukan bahwa penerapan metode blended learning dapat meningkatkan kemampuan fungsi kognitif dan tingkat self-efficacy di atas 80% keberhasilan. Penelitian ini diharapkan ada tindak lanjut yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kompetensi guru agar menjadi guru yang lebih profesional.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Ahmad Nasrulloh, M.Or. |
Uncontrolled Keywords: | kemampuan fungsi kognitif, self-efficacy, blended learning |
Subjects: | Olahraga |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 06:59 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 06:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79582 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |