Immersive Learning Berbantuan Virtual Reality Tringo untuk Meningkatkan Kapabilitas Kerja Perawatan dan Perbaikan Mesin.

Inderanata, Rochmad Novian and Sukardi, Thomas (2023) Immersive Learning Berbantuan Virtual Reality Tringo untuk Meningkatkan Kapabilitas Kerja Perawatan dan Perbaikan Mesin. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-rochmad novian inderanata-20702261004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan immersive learning berbantuan Virtual Reality (ILVR) Tringo untuk meningkatkan kapabilitas kerja perawatan dan perbaikan mesin di Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, yang teruji kelayakan dan menguji efektivitasnya, (2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman melalui ngerti dalam aspek kognitif menggunakan ILVR Tringo, (3) mendeskripsikan peningkatan mental dan sikap kerja melalui ngrasa dalam aspek afektif menggunakan ILVR Tringo, (4) mendeskripsikan peningkatkan keterampilan kerja sesuai standar operational procedure dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja melalui nglakoni dalam aspek psikomotorik menggunakan ILVR Tringo. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian berjumlah 33 orang, terdiri dari dosen dan mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik Mesin UST. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan tes (pre-test dan post-test). Teknik analisis yang digunakan antara lain Uji Paired T-test, Uji NGain, dan Effect Size. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) ILVR Tringo yang dihasilkan berupa aplikasi website dan mobile virtual reality yang layak dan efektif untuk meningkatkan kapabilitas kerja perawatan dan perbaikan mesin. (2) ILVR Tringo mampu meningkatkan pemahaman melalui ngerti dalam aspek kognitif dalam kategori tinggi, (3) ILVR Tringo mampu mengkondisikan mental dan sikap kerja dalam aspek afektif dalam kategori tinggi, (4) ILVR Tringo mampu membiasakan kerja sesuai SOP dan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja dalam aspek psikomotorik dalam kategori tinggi, (5) Teori belajar yang dibangun adalah sibernetik-immersion dengan divergensi pengalaman belajar Tringo (ngerti, ngrasa, dan nglakoni).

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: immersive learning, kapabilitas kerja, Tringo, virtual reality.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:27
Last Modified: 21 Nov 2023 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79552

Actions (login required)

View Item View Item