Purnomo, Edy and Triyono, Moch. Bruri (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Redesign Praktik Pemesinan Terintegrasi Guna Meningkatkan Kemampuan Komprehensif- Integratif Calon Guru Teknologi Pemesinan. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
Text
disertasi-edy purnomo-17702264015.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan (1) model pembelajaran Redesign Praktik Pemesinan Terintegrasi (RP2T) guna mengembangkan kemampuan komprehensif-integratif calon guru teknologi pemesinan; (2) model pembelajaran RP2T yang layak untuk mengembangkan kemampuan komprehensif- integratif calon guru teknologi pemesinan; (3) keefektifan model pembelajaran RP2T guna meningkatkan kemampuan komprehensif-integratif calon guru teknologi pemesinan; dan (4) konsep baru pembelajaran Redesign Praktik Pemesinan Terintegrasi (RP2T) guna mengembangkan kemampuan komprehensif- integratif calon guru teknologi pemesinan. Pendekatan penelitian ini mengacu pada penelitian dan pengembangan dari Richey & Klein, dengan tahapan yang meliputi pengembangan model dan validasi model. Validasi model dilakukan dengan uji validitas konstruk dan validitas isi. Uji validitas konstruk dilakukan melalui konsultasi dengan para ahli pendidikan dan praktisi dari industri dalam focus group discussion dan uji validitas isi dilakukan melalui konsultasi dengan ahli substansi pembelajaran. Hasil uji validitas dianalisis dengan menggunakan t-test. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif melalui dokumentasi, observasi, kuesioner, dan wawancara mendalam kepada berbagai informan dan dosen berupa capaian kompetensi pemesinan. Lembar observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran dengan model redesign praktik pemesinan pada mahasiswa sebagai peserta praktikan. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif naturalistik dan deskriptif analitik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Model pembelajaran RP2T berupa buku model dan panduan model RP2T yang memiliki keunggulan pembelajaran secara komprehensif-integratif. (2) Model tersebut dapat mengembangkan kemampuan komprehensif-integratif calon guru teknologi pemesinan yang layak untuk diimplementasikan. (3) Model tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan komprehensif-integratif mahasiswa calon guru, ditinjau dari aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Keefektifan model tersebut ditinjau dari aspek pengetahuan dan keterampilan terbukti dari adanya perbedaan yang signifikan skor post-test antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, sebesar 88,29 – 82,00 = 6,294 dan selisih perbedaan tersebut adalah 4,160 sampai dengan 8,428 (95% confidence interval of the difference lower upper). (4) menghasilkan konsep baru pembelajaran Redesign Praktik Pemesinan Terintegrasi (RP2T) guna mengembangkan kemampuan komprehensif-integratif calon guru teknologi pemesinan.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | calon guru teknologi pemesinan, model pembelajaran, redesign praktik. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 08:04 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 08:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79532 |
Actions (login required)
View Item |