Paryanto, Paryanto and Munadi, Sudji (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Pemesinan Berbasis Projek Pada Pendidikan Vokasional. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
Text
disertasi-paryanto-17702264011.pdf Restricted to Registered users only Download (29MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan Model Pembelajaran Praktik Pemesinan Berbasis Projek pada Pendidikan Vokasional (MP3BP); (2) menghasilkan MP3BP yang layak untuk diterapkan dalam pembelajaran Praktik Pemesinan; (3) menghasilkan MP3BP yang efektif dalam meningkatkan kompetensi praktik pemesinan dan employability skill peserta didik; (4) menghasilkan konsep baru Model Pembelajaran Praktik Pemesinan Berbasis Projek untuk Pendidikan Vokasional. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tempat penelitian di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, industri di Yogyakarta, dan beberapa Perguruan Tinggi lainnya. Waktu penelitian dari Februari- November 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis validasi isi dilakukan dengan expert judgement. Uji efektivitas dilakukan dengan equivalent time series design. Data yang telah diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) MP3BP terdiri dari: (a) pembentukan tim work, (b) penentuan job praktik, (c) perancangan desain, (d) presentasi hasil perancangan, (e) pengerjaan job, (f) quality control, (g) kalkulasi biaya produksi dan pemasaran produk, (h) refleksi; (2) berdasarkan uji validasi, skor penilaian MP3BP sebesar 3,81, penilaian RPS sebesar 3,9, respon pendidik sebesar 3,82, dan respon peserta didik sebesar 3,87. Berdasarkan skor yang didapatkan tersebut maka MP3BP dinyatakan “Sangat Layak” untuk diterapkan; (3) berdasarkan uji efektivitas, didapatkan peningkatan employability skill sebesar 23,57% dan peningkatan pencapaian kompetensi sebesar 17%. Berdasarkan analisis data menggunakan one way anova, didapatkan f hitung 64,18 sedangkan F tabel 3,555, yang bermakna bahwa terdapat perbedaan pencapaian kompetensi yang signifikan setelah penerapan MP3BP. Berdasarkan hasil tersebut, maka MP3BP dinyatakan efektif dalam meningkatkan kompetensi praktik pemesinan dan employability skill peserta didik. (4) Konsep baru MP3BP adalah pada tahapan penentuan Job praktik, peserta didik dituntut mampu menentukan Job praktik yang akan dibuat dengan pertimbangan fungsi dan marketable. Sehingga model ini memiliki keunggulan yaitu membentuk peserta didik mampu merencanakan, mampu melaksanakan/membuat, serta mampu memasarkan sebuah produk.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, praktik pemesinan, berbasis projek |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 07:51 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 07:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79525 |
Actions (login required)
View Item |