Pengembangan Pembelajaran Mobile Remedial System (MRS) untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Mereduksi Miskonsepsi Fisika pada Materi Suhu dan Kalor.

Sukarelawan, Moh. Irma and Jumadi, Jumadi (2023) Pengembangan Pembelajaran Mobile Remedial System (MRS) untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Mereduksi Miskonsepsi Fisika pada Materi Suhu dan Kalor. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-moh irma sukarelawan-16703261023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan pembelajaran Mobile Remedial System (MRS) berbasis Android pada materi suhu dan kalor yang layak untuk meningkatkan kemampuan metakognisi dan mereduksi miskonsepsi, dan (2) mengungkapkan efektivitas dan praktikalitas penggunaan MRS yang dihasilkan dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan mereduksi miskonsepsi siswa. Penelitian ini merupakan research and development dengan model 4D (define, design, development dan disseminate). Pada tahap development, tes skala kecil menggunakan one group pretest-posttest design, dan tes skala besar menggunakan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah 397 siswa yang berasal dari Kabupaten Bantul. Sebanyak 293 siswa dilibatkan untuk validasi empiris instrumen, 32 siswa untuk tes skala kecil, dan 72 siswa untuk tes skala luas. Sumber data adalah ahli media, ahli materi, dan siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Instrumen yang digunakan meliputi: 1) lembar penilaian kualitas isi 4T-HTDT oleh ahli evaluasi dan materi, 2) lembar penilaian kualitas hasil adaptasi instrumen HeTMAI, 3) lembar penilaian kualitas aplikasi MRS untuk ahli media dan materi, 4) lembar uji keterbacaan terhadap penggunaan aplikasi MRS, dan 5) angket respon siswa terhadap penggunaan aplikasi MRS. Instrumen evaluasi yang dikembangkan adalah soal pilihan ganda empat tingkat pada materi suhu dan kalor (4T- HTDT) dan instrumen kesadaran metakognisi (HeTMAI). Teknik analisis yang digunakan meliputi: 1) Aiken V dan pemodelan Rasch untuk mengevaluasi kualitas instrumen 4T-HTDT, 2) Confirmatory Factor Analysis, pemodelan Rasch untuk mengevaluasi kualitas HeTMAI, 3) kriteria penilaian 5 skala untuk mengevaluasi kualitas aplikasi MRS, 4) Logit Value of Person yang dikombinasi dengan Wright map, dan Wilcoxon Signed Rank Test untuk uji skala kecil, dan 5) independent t-test dua kali untuk uji skala besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran MRS berbasis Android pada materi suhu dan kalor layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan metakognisi dan mereduksi miskonsepsi, 2) penggunaan aplikasi MRS efektif dan praktis dalam meningkatkan kemampuan metakognitif dan mereduksi miskonsepsi siswa. Jadi, pembelajaran MRS layak, efektif, dan praktis dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan mereduksi miskonsepsi siswa.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: metakognisi, pembelajaran remedial, reduksi miskonsepsi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2023 08:39
Last Modified: 01 Nov 2023 08:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79343

Actions (login required)

View Item View Item