Maknun, Djohar and Prasetyo, Zuhdan Kun (2023) Model Individual Project Berbasis Scientific Issues (IPBSI) untuk Meningkatkan Keterampilan Merancang, Melaksanakan, dan Melaporkan Hasil Penelitian Mahasiswa Pendidikan Biologi. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
disertasi-djohar maknun-16703261013.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model IPBSI yang layak untuk peningkatan keterampilan merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian, (2) menghasilkan model IPBSI yang praktis diterapkan bagi mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Biologi, dan (3) mengetahui keefektifan model IPBSI untuk peningkatan keterampilan merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian (KM3P). Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan yang mengadopsi model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pada tahap pendefinisian (define) dilakukan pengumpulan data melalui survei, studi literatur, dan studi lapangan. Pada tahap perancangan (design) dilakukan pengumpulan data melalui penyusunan instrumen penelitian, pemilihan media, pemilihan format, dan desain awal model IPBSI. Pada tahap pengembangan (develop) dilakukan pengumpulan data melalui validasi ahli, uji coba kecil dan uji coba luas yang bertujuan untuk mendapatkan kelayakan model. Terakhir, pada tahap diseminasi (disseminate) bertujuan menyebarluaskan model IPBSI. Diseminasi dilakukan melalui uji implementasi dan artikel ilmiah yang dimuat pada jurnal. Uji coba kecil dilakukan pada sembilan mahasiswa Universitas Majalengka dan tujuh mahasiswa Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon tahun akademik 2019/2020. Uji coba luas dilakukan pada 46 mahasiswa S1 Pendidikan Biologi yang terdiri dari 19 mahasiswa Universitas Kuningan, 13 mahasiswa Universitas Wiralodra Indramayu, dan 14 mahasiwa Universitas Dharma Kusuma Indramayu. Uji implementasi melibatkan 139 mahasiswa calon guru Biologi di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, yang terdiri dari 38 mahasiswa kelas model IPBSI, 35 mahasiswa kelas inkuiri terbimbing penuh, 37 mahasiswa kelas inkuiri semi- terbimbing, dan 29 mahasiswa kelas inkuiri bebas. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar penilaian kinerja; lembar observasi; pedoman proyek rancangan penelitian, pelaksanaan penelitian, dan laporan hasil penelitian. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Dihasilkan model IPBSI yang layak. (2) Model IPBSI yang dikembangkan termasuk kategori sangat praktis. (3) Model IPBSI yang dihasilkan efektif dalam meningkatkan KM3P dibandingkan model/pendekatan lainnya.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | individual project; keterampilan merancang, melaksanakan dan melaporkan hasil penelitian; scientific issues |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 04:04 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 03:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79331 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |