TRI, LESTARI (2012) PENGGUNAAN METODE JARIMAGIC DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BERHITUNG PERKALIAN BILANGAN CACAH PADA KELAS III SD NEGERI TAJEM KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover - 08108247030.pdf Download (925kB) | Preview |
|
|
Text
bab1- 08108247030.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
bab2- 08108247030.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
bab5- 08108247030.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran- 08108247030.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode Jarimagic sehingga dapat meningkatkan prestasi berhitung perkalian bilangan cacah pada mata pelajaran Matematika Kelas III. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaborasi dengan guru, dan subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Tajem yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, juga dilakukan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian, metode Jarimagic yang dapat meningkatkan prestasi berhitung perkalian bilangan cacah pada mata pelajaran matematika siswa kelas III SD N Tajem adalah dengan memperagakan sendiri metode Jarimagic, pembimbingan bagi siswa yang kesulitan memperagakan Jarimagic, menggunakan Lembar Kerja, belajar dalam kelompok yang setiap kelompok terdiri dari 5 orang, dan perlombaan berkelompok. Guru membimbing siswa untuk memperagakan metode Jarimagic, membagi masing-masing kelompok terdiri dari anggota dengan kecerdasan yang berbeda, dan pada setiap akhir pembelajaran guru menyimpulkan di depan kelas apa yang baru saja siswa pelajari. Berdasarkan observasi, tindakan guru dalam pembelajaran adalah amat baik, dan aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah baik. Berdasarkan tes hasil belajar siswa, terjadi peningkatan prestasi berhitung perkalian bilangan cacah yang signifikan, yaitu pada siklus I 57,76 meningkat menjadi 68,78 pada siklus II. Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa, sebagian besar siswa menyukai pembelajaran perkalian bilangan cacah dengan metode Jarimagic. Kata kunci: prestasi, perkalian bilangan cacah, metode Jarimagic.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prestasi, perkalian bilangan cacah, metode Jarimagic. |
Subjects: | Perpustakaan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 28 Nov 2012 07:28 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7933 |
Actions (login required)
View Item |