PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR KETRAMPILAN MENGHIAS KAIN MELALUI METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN MEDIA BENDA NYATA DAN ALG PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB TUNAS KASIH 2 TURI

SEPTI EMPI, HERNAWATI (2012) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR KETRAMPILAN MENGHIAS KAIN MELALUI METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN MEDIA BENDA NYATA DAN ALG PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB TUNAS KASIH 2 TURI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
JUDUL-09513245002.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR-09513245002.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK-09513245002.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-09513245002.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-09513245002.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V-09513245002.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-09513245002.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pelaksanaan pembelajaran ketrampilan menghias dengan teknik pacthwork pada siswa SMKLB di SLB Tunas Kasih 2 Turi. 2) peningkatan motivasi belajar anak tunagrahita ringan dalam pembelajaran ketrampilan menghias kain di SLB Tunas kasih 2 Turi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classrom Action Research). Penentuan subyek penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan kelas 1 SMKLB Tunas Kasih 2 Turi yang seluruhnya berjumlah 3 anak. Uji coba penelitian dilakukan di SLB Tunas Kasih 2 Turi ini dengan jumlah 3 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Validitas menggunakan pendapat para ahli (judgement expert) dengan cara menunjukkan bahwa lembar angket untuk siswa sudah layak digunakan untuk penelitian.. Reliabilitas observasi mengunakan antar rater yang di berikan kepada dua dosen, satu guru, diketahui bahwa ; rater pertama memberikan kesimpulan layak untuk digunakan dalam pengambilan data penelitian, rater kedua memberikan kesimpulan layak untuk digunakan dalam pengambilan data penelitian, dan rater ketiga memberikan kesimpulan layak untuk digunakan dalam pengambilan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran ketrampilan menghias kain diawali dengan menyampaikan tujuan pembelajaran, inti pembelajaran membuat taplak meja dengan teknik pacthwork, dan penutup dengan evaluasi. Peningkatan motivasi belajar ketrampilan menghias kain melalui metode pembelajaran langsung menggunakan media benda nyata dan ALG pada anak tunagrahita ringan pada tahap pra siklus nilai rata-rata 2,1 tergolong sedang, tahap siklus I nilai rata-rata 2,6 tergolong tinggi, meningkat 8,3% dan pada tahap siklus II nilai rata-rata 3,9 tergolong sangat tinggi, meningkat 21,7 %. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi metode pembelajaran dengan media benda nyata yang dilengkapi ALG dapat meningkatkan motivasi belajar anak tunagrahita ringan dapat diterima. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Ketrampilan Menghias Kain, Media Benda Nyata.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Ketrampilan Menghias Kain, Media Benda Nyata.
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 03:58
Last Modified: 29 Jan 2019 17:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7919

Actions (login required)

View Item View Item