Pengaruh Metode Pembelajaran Atletik Dengan Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Tingkat Kemampuan Lari Sprint dan Sport Self- Efficacy Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 9 Rejang Lebong Bengkulu

Triananda, Anggit (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Atletik Dengan Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Tingkat Kemampuan Lari Sprint dan Sport Self- Efficacy Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 9 Rejang Lebong Bengkulu. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_anggit triananda_21633251043.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran atletik dengan Teams Games Tournaments(TGT) terhadap hasil Kemampuan Lari Sprint dan Sport Self- Efficacy peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Rejang Lebong Bengkulu. Metode pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan menggunakan desain non-equivalent posttest control group. Penelitian ini melibatkan 72 siswa sebagai sampel yang diambil secara acak terdiri dari kelas XI-IPA 1 sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan berupa model pembelajaran Direct Instructional (DI) dan kelas XI-IPA 2 sebagai kelas ekperimen diberikan perlakuan berupa model pembelajaran Teams Games Tournaments(TGT). Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan lari sprint 100 m dan angket Sport Self- Efficacy. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Jika terdapat pengaruh pembelajaran PJOK dengan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT), maka dilakukan uji lanjut dengan menggunakan uji F univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode pembelajaran atletik dengan Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil Kemampuan Lari Sprint dan Sport Self-Efficacy peserta didik; (2) terdapat pengaruh metode pembelajaran atletik dengan Teams Games Tournaments (TGT) terhadap Sport Self-Efficacy peserta didik kelas XI SMA Negeri 9 Rejang Lebong Bengkulu (3) Penerapan metode pembelajaran atletik dengan Teams Games Tournaments (TGT) lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI) jika berorientasi pada Sport Self- Efficacy peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Guntur, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran atletik, Teams Games Tournaments (TGT), hasil kemampuan lari sprint 100 m, Sport Self-Efficacy
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:46
Last Modified: 25 Sep 2023 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78999

Actions (login required)

View Item View Item