Sartilah, Sartilah (2012) UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GULING BELAKANG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM ) SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 BALONG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
1 - 10601247051.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 - 10601247051.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 - 10601247051.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 - 10601247051.pdf Download (15MB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN - 10601247051.pdf Download (535MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan efektivitas pembelajaran senam lantai guling belakang siswa kelas IV SD Negeri 2 Balong Samigaluh Kulon Progo dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yang setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap pertemuan waktunya 2 x 35 menit. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Balong yang berjumlah 16 siswa. Dari awal pembelajaran pertemuan pertama sampai pembelajaran akhir pertemuan semua siswa mengikutinya. Tehnik analisis data yang digunakan adalah teknik triangulasi sehingga menghasilkan data deskriptif dengan naratif mendeskripsikan seluruh kejadian dan deskriptif kuantitatif dengan prosentase yang menunjukkan hasil kuesioner dan perkembangan gerakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran senam lantai guling belakang. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan dalam setiap pembelajaran. Dari hasil penilaian terlihat peningkatan pembelajaran sebanyak 25% pada siklus I dan 31.25% pada siklus II. Selain itu terdapat peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran yang ditunjukkan dengan antusias siswa untuk mengikuti pembelajaran guling belakang, peningkatan kreatifitas siswa ditunjukkan dengan adanya siswa yang bertanya dan dapat menyelasaikan tugas yang diberikan guru. Peningkatan efektivitas pembelajaran ditunjukkan dengan peningkatan gerakan yaitu semua siswa dapat menyelesaikan tugas melakukan gerakan guling belakang dengan baik. Pembelajaran yang menyenangkan ditunjukkan dengan peningkatan motivasi siswa dan siswa nampak senang selama pembelajaran. Oleh karena itu tujuan dari pembelajaran dapat tercapai secara keseluruhan. Kata Kunci: guling belakang, pakem, siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guling belakang, pakem, siswa |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 28 Nov 2012 03:37 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7893 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |