Pembentukan Kesadaran Kesehatan Lingkungan Pada Sekolah Adiwiyata Studi Kasus di SD Negeri Trisik Kabupaten Kulon Progo

Kumariyah, Kumariyah (2023) Pembentukan Kesadaran Kesehatan Lingkungan Pada Sekolah Adiwiyata Studi Kasus di SD Negeri Trisik Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_kumariyah_21604251029.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis: (1) Kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan hidup di SD Negeri Trisik, (2) Kurikulum sekolah berbasis lingkungan hidup di SD Negeri Trisik, (3) Kegiatan sekolah berbasis partisipatif di bidang PPLH di SD Negeri Trisik, serta (4) Pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan di SD Negeri Trisik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian berlokasi di SD Negeri Trisik yang beralamatkan di Sidorejo Dk. XIII, Banaran, Kec. Galur, Kab. Kulon Progo, D.I. Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas tinggi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, studi pustaka, dan observasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber serta triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif mengikuti pendapat Miles & Huberman yakni reduksi data, sajian data, verifikasi data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan kesadaran kesehatan lingkungan di SD Negeri Trisik dilakukan melalui: (1) Menetapkan kebijakan dan program-program yang mendukung Adiwiyata, seperti program SEMUTLIS dan AMERTA yang melibatkan siswa dalam kegiatan kebersihan, pengolahan sampah, dan penanaman tanaman. Kebijakan dan program kesehatan diri seperti dokter kecil dan kantin sehat sebagai bagian dari upaya menjaga kesehatan siswa; (2) Penerapan kurikulum berbasis lingkungan hidup melalui pengintegrasian dalam pembelajaran dengan menekankan pada pemahaman, penghargaan, dan keterampilan yang terkait isu-isu lingkungan; (3) Penerapan sistem sekolah berbasis partisipatif dalam bidang Pendidikan dan Pembelajaran Lingkungan Hidup (PPLH) dengan melibatkan peserta didik, guru, orang tua, dan masyarakat secara aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pembelajaran lingkungan hidup di sekolah; dan (4) Penerapan praktik pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan seperti kantin sehat, tempat cuci tangan, taman, dan lingkungan yang bersih.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: kesehatan lingkungan, adiwiyata, sekolah, lingkungan hidup
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Sep 2023 04:23
Last Modified: 14 Sep 2023 04:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78909

Actions (login required)

View Item View Item