Keterlaksanan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka

Nugraheni, Imami (2023) Keterlaksanan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_imami nugraheni_19711251088.pdf

Download (833kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui seberapa baik tingkat keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar pada kurikulum merdeka beberapa sekolah di Kapanewon Ngaglik. Dalam penelitian ini model evaluasi yang digunakan adalah model Discrepancy Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PJOK dan siswa diempat sekolah yang ada di Kapanewon Ngaglik. Teknik pengambilan data menggunakan angket/kuesioner dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini meliputi 4 orang kepala sekolah, 6 orang guru PJOK dan 4 orang siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian divalidasi melalui expert judgement. Validitas isi dibuktikan dengan koefisien Indeks V-Aiken dengan hasil sebesar 0,88 sehingga dapat dikatakan Valid. Sedangkan estimasi reliabilitas Cronbach's Coefficient Alpha sebesar 0,904 (lebih dari 0,07) sehingga bersifat reliabel dihitung dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar pada kurikulum merdeka di empat sekolah di Kapanewon Ngaglik berada pada kategori “Baik”. Hasil analisis instrumen kepala sekolah dengan mean 78,00, hasil penilaian dengan persentase 50% pada kategori “Baik” ada (2 orang kepala sekolah), kategori “cukup” dengan persentase 25% ada (1 orang kepala sekolah) dan kategori ”kurang” dengan persentase 25% ada (1 orang kepala sekolah). Kemudian Hasil analisis instrumen guru PJOK dengan mean 58,00, hasil penilaian dengan persentase 50% pada kategori “baik” ada (3 orang guru), pada kategori “cukup” dengan persentase 17% ada (1 orang guru), dan kategori “cukup” dengan persentase 33% ada (2 orang guru).

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Suharjana, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: evaluasi, discrepancy, pembelajaran, kurikulum merdeka
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:28
Last Modified: 13 Sep 2023 07:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78893

Actions (login required)

View Item View Item