Darmawan, Muhammad (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Teaching Games for Understanding (TGfU) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar PJOK Peserta Didik Kelas VIII SMP. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.
|
Text
fulltext_muhammad darmawan_21633251037.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar PJOK materi bola voli peserta didik kelas VIIII di SMP Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul. (2) Pengaruh model pembelajaran TGfU terhadap hasil belajar PJOK materi bola voli peserta didik kelas VIIII di SMP Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul. (3) Perbedaan pengaruh model pembelajaran PBL dan TGfU terhadap hasil belajar PJOK materi bola voli peserta didik kelas VIIII di SMP Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini merupakan Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul. Teknik sampling menggunakan random sampling. Berdasarkan hal tersebut, didapatkan kelas VIIIB berjumlah 30 peserta didik sebagai kelompok eksperimen 1 (PBL) dan kelas VIIIA yang berjumlah 28 sebagai kelompok eksperimen 2 (TGfU). Instrumen hasill belajar PJOK berdasarkan tes unjuk kerja passing bawah bola voli dan tes kognitif tentang teknik passing. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar PJOK materi bola voli peserta didik kelas VIIII di SMP Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul. Hal tersebut ditunjukkan dengan p-value (0,000) < (0,05) dan peningkatan sebesar 26,01%. (2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran TGfU terhadap hasil belajar PJOK materi bola voli peserta didik kelas VIIII di SMP Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul. Hal tersebut ditunjukkan dengan p-value (0,000) < (0,05) dan peningkatan sebesar 44,86%. (3) Ada perbedaan yang signifikan model pembelajaran PBL dan TGfU terhadap hasil belajar PJOK materi bola voli peserta didik kelas VIIII di SMP Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantu. Model pembelajaran TGfU lebih baik daripada model pembelajaran PBL, hal tersebut ditunjukkan dengan p-value (0,000) < (0,05) dan selisih kedua kelompok sebesar 9,84.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. |
Uncontrolled Keywords: | PBL, TGfU, passing bawah bola voli |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 06:56 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 06:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78891 |
Actions (login required)
View Item |