Korelasi Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor, Non Lokomotor dan Manipulatif Dalam Permainan Sepak Bola di SD Negeri 1 Gandurejo dan SD Negeri 2 Gondosuli

Aveanti, Maria Della Strada Dea (2023) Korelasi Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor, Non Lokomotor dan Manipulatif Dalam Permainan Sepak Bola di SD Negeri 1 Gandurejo dan SD Negeri 2 Gondosuli. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_maria della strada dea aveanti_21604251021.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi penerapan model pembelajaran Discovery learning dengan hasil belajar siswa di SD Negeri 1 Gandurejo: menganalisis korelasi penerapan penerapan model pembelajaran Problem-based learning dengan hasil belajar siswa di SD Negeri 2 Gondosuli; dan menganalisis perbedaan hasil belajar siswa pada penerapan kedua model pembelajaran pada materi variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor dan manipulatif dalam pembelajaran PJOK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Gandurejo dan SD Negeri 2 Gondosuli. Waktu penelitian adalah bulan Maret tahun 2023. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas atas, yaitu kelas 6 dengan jumlah 68 siswa, yang terdiri dari 34 siswa di SD Negeri 1 Gandurejo dan 34 siswa di SD Negeri 2 Gondosuli. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal. Analisis data menggunakan Uji Korelasi Product moment dan Uji t-independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Discovery learning dengan hasil belajar siswa di SD Negeri 1 Gandurejo. Terdapat korelasi penerapan penerapan model pembelajaran Problem-based learning dengan hasil belajar siswa di SD Negeri 2 Gondosuli. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada penerapan kedua model pembelajaran pada materi variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor dan manipulatif dalam pembelajaran PJOK. Jumlah siswa yang yang mendapatkan hasil belajar dengan kategori tinggi pada penerapan model pembelajaran Problem-based learning lebih banyak dari pada penerapan model pembelajaran Discovery learning.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Komarudin, M.A.
Uncontrolled Keywords: discovery learnining, problem-based learning, hasil belajar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:35
Last Modified: 07 Sep 2023 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78801

Actions (login required)

View Item View Item