PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN ALAM SEKITAR KELAS III DI SD ISLAM TERPADU IBNU MAS’UD KULON PROGO

Ahmar Dwi, Agung P (2012) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN ALAM SEKITAR KELAS III DI SD ISLAM TERPADU IBNU MAS’UD KULON PROGO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108249131.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108249131.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108249131.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108249131.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108249131.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis lingkungan alam sekitar pada siswa kelas III di SD IT Ibnu Mas’ud Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III Mina SDIT Ibnu Mas’ud Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti dan dibantu dengan panduan observasi dan panduan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data collection (pengumpulan data), reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis lingkungan alam sekitar di SDIT Ibnu Mas’ud Wates sudah diterapkan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari indikator ketercapaian yang dirumuskan dalam RPP dan tujuan pembelajaran disampaikan secara lisan; Materi yang digunakan dalam pembelajaran berbasis lingkungan alam sekitar yaitu materi tentang cuaca dan sumber daya alam. Kedua materi tersebut memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai tempat untuk belajar. Tujuannya yaitu untuk memberikan konsep alam yang nyata terhadap siswa; pemilihan dan penggunaan media pembelajaran disesuaikan dengan materi pembelajaran berbasis lingkungan alam sekitar; metode pembelajaran yang lebih dominan dalam pembelajaran berbasis lingkungan alam sekitar yaitu diskusi dan tanya jawab; siswa dalam mengikuti pembelajaran berbasis lingkungan alam sekitar sangat antusias; penataan lingkungan fisik tempat belajar siswa dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas tujuannya yaitu untuk memberikan nuansa yang berbeda dalam pembelajaran; pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran terdiri dari evaluasi proses dan evaluasi hasil.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran, IPA, Berbasis Lingkungan, Alam Sekitar
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 03:15
Last Modified: 08 Sep 2015 08:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7877

Actions (login required)

View Item View Item